Monday, June 17, 2013

Hari 1: Mulai Berkebun.

Akhirnya! Setelah berminggu-minggu merencanakan untuk berkebun, petualangan ini dimulai juga. Beberapa hari yang lalu kami membeli dua macam bibit di Toko Trubus di Giant Pasteur Bandung yaitu bibit kangkung dan bayam, selain bibit kami juga membeli pupuk (tapi sayangnya setelah dicari tahu ternyata itu bukan pupuk organik, tapi yasudahlahyah...)
bibit dan pupuk
Selain dua bibit di atas, kami akan segera memiliki bermacam jenis bibit lainnya (pesen lewat internet di sini) yaitu bibit rosemary, sage, oregano, parsley, dan pakcoy (akan datang kira-kira hari selasa atau rabu). Di situs itu bibit dijual eceran dan murah banget cuman Rp 1000an permacamnya, wow wow.

Agenda hari ini adalah memacul si lahan yang tadinya keras dan banyak rumputnya menjadi gembur dan dibuat bedengan-bedengan (ada 5 bedengan kira-kira 30cmx1,5m dan masing-masing berjarak sekitar 20cm).
Lily dan kebunnya
3 Bedengan diperuntukan untuk bibit kangkung dan sisanya untuk bayam. Waktu menanam si kangkung, karena bibitnya berupa biji seperti biji apel, kami membuat lubang kecil yang berjarak sekitar 15cm dan tiap lubang diisi sekitar 4-5 biji. Sementara si bayem, karena bibitnya halus seperti telor semut, maka cuma ditabur di atas bedengannya aja. Setelah ditanam bibitnya, lalu disiram dan didoakan semoga cepat tumbuh.

Selain kangkung dan bayem, kebetulan Lily punya bibit bunga matahari, sekalian aja ditanam deh. Tapi kalo si bunga matahari ini ditanamnya di pot.
Calon bunga matahari 
Ya sekian acara berkebun untuk hari ini, catatannya : lumayan juga macul-macul tanah itu pegel dan menyiangi rumput itu melelahkan. Tapi overall sangat menyenangkan dan semoga memberikan hasil yang subhanallah ya.... Amin.

Udahlahyah gitu aja dulu, nih bonus foto~
Lily sedang membersihkan sepatunya dari tanah (tampak belakang)

ps : Untuk yang baru mulai dan baru mau mulai berkebun, ayuk mari mulai dan sharing-sharing. Jangan takut gagal, bibit ngga mahal-mahal amat kok..



Salam berkebun dari Awiligar!

1 comment:

  1. Salam kenyaaal... :D

    Waaah ikut merasa excited juga liat kebunnya. rapiih pula! Mantab surantab!

    ReplyDelete